Hati-hati, Pencurian Data Melalui Keyboard

Keyboard
Kriminalitas computer atau cybercrime semakin merajalela, terbukti dengan adanya perekaman atau pencurian data dari apa yang diketik user, dengan menganalisis sinyal elektromagnetik yang diproduksi oleh setiap tombol keyboard yang ditekan. Dengan menganalisis sinyal yang diproduksi oleh keystroke, para peneliti dari Swiss telah melakukan reproduksi kembali apa yang diketikkan oleh target. Para peneliti dari Swiss tersebut telah mengembangkan empat penyerangan yang bekerja di berbagai keyboard computer.
Penyerangan tersebut telah dirancang oleh mahasiswa kedokteran Martin Vuagnoux dan Sylvain Pasini, dari Laboratorium Keamanan dan […]Kriptografi di Swiss Ecole Polytechnique Federale de Lausanne (EPFL). Kedua mahasiswa EPFL tersebut telah mengetes 11 model keyboard yang berbeda, yang terkoneksi ke sebuah computer via USB atau socket PS/2. Vuagnoux dan Pasini juga mengetes keyboard yang dikoneksikan ke laptop.
Setiap keyboard yang dites memiliki kelemahan setidaknya satu dari empat penyerangan telah digunakan. Satu penyerangan telah ditunjukkan pada gambar dalam jarak hanya 20 meter. Para peneliti tersebut juga menggunakan antenna radio yangs secara penuh mampu ‘menangkap’ keystroke atau kunci apapun yang dimasukkan user, yang akan mengeluarkan radiasi elektromagnetik ketika kunci keyboard ditekan. Dalam sebuah video digambarkan bahwa mereka tidak menggunakan computer desktop atau display LCD untuk meminimalisir pengambilan sinyal yang dilakukan oleh source lain.
Source : Beritanet

Pos ini dipublikasikan di HENDRI. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s